Pages

Minggu, 09 Desember 2012

tugas IBD (2)


Rahmah Putri Nuzlia Qurani
1 PA 05/15512924

1.      Apa pengertian Ilmu budaya dasar?
Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa Inggris disebut dengan Basic Humanities. Pengetahuan budaya dalam bahasa inggris disebut dengan istilah the humanities. pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk betbudaya ( homo humanus ), sedangkan Ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya
2.      Apa tujuan Ilmu budaya dasar diterapkan kepada mahasiswa?

Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

3.      Mengapa ilmu dibagi menjadi 3 bagian, Imu pengetahuan alam, Ilmu pengetauan social, dan ilmu budaya dasar?

Secara umum, Ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 kelompok. Pengelompokkan ini didasarkan pada obyek atau bidang kajian setiap ilmu. Ketiga kelompok ilmu trsebut adalah Ilmu pengetahuan Alam (natural science), Ilmu pengetahuan Sosial (social science), dan Ilmu pengetahuan Budaya (Humanitics Study).

a.    Ilmu pengetahuan Alam (natural science) adalah Ilmu yang mengkaji gejala-gejala alam , baik yang hayati maupun nonhayati. Ilmu pengetahuan alam antra lain adalah Biologo, Kimia, dan Fisika.
b.   Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Science) adalah Ilmu yang mengkaji kehidupan bersama manusia dengan sesamanya. Ilmu pengetahuan sosiall antara lain adalah sosiologi, ilmu politik, ilmu huku, dan ilmu ekonomi.
c.    Ilmu Pengetahuan Budaya (Humanitics Study) adalah Ilmu yang mempelajari tentang manifestasi atau perwujudan spiritual dari kehidupan bersama manusia. Ilmu pengetahuan buadaya ini antara lain adalah Kesustraan, bahasa, agama, filsafat, dan kesenian.





0 comments:

Posting Komentar

Blog List